PENDIDIKAN VOKASI MERUPAKAN SOLUSI DI ERA DIGITALISASI

Menyambut aktivitas kegiatan belajar mengajar di Kampus Akademi Komunikasi Radya Binatama (AKRB) menyelenggarakan kegiatan OPIEK tahun 2020.OPIEK merupakan Orientasi Pengenalan Internal dan Eksternal Kampus yang diselenggarakan selama 3 (tiga) hari dari tanggal 5 s.d 7 Oktober 2020.

OPIEK tahun ini berbeda dengan OPIEK tahun-tahun sebelumnya, karena OPIEK tahun ini dilaksanakan secara virtual langsung dari  Kampus AKRB Jl Raya Janti No 3 /47 Yogyakarta diikuti oleh mahasiswa baru dari  berbagai provinsi.

Tahun ini mengusung tema “Pendidikan Vokasi Penyiaran sebagai Solusi  untuk Memperkuat Ekonomi dan Daya Saing pada Bidang Industri Media Indonesia di Era Digitalisasi” (Vocational Education is The Solution) yang mengandung arti kuliah di kampus vokasi akan menghasilkan sumber daya manusia yang mempunyai keahlian dan siap berdaya saing.

Direktur Akademi Komunikasi Radya Binatama (AKRB) Bapak Arif Budiman, S.E.M.M dalam sambutannya menyampaikan bahwa pendidikan vokasi khususnya broadcast, merupakan solusi di industri media di era digitalisasi, karena pendidikan vokasi memberikan ruang waktu praktek lebih banyak, sehingga mahasiswa  mempunyai skill/ketrampilan  sejak awal. “Seseorang tidak harus hebat untuk memulai, tetapi harus memulai untuk menjadi orang hebat. Seseorang menjadi hebat hanya jika beraksi sesuai dengan passion”, pesan direktur AKRB sebagi penutup dari sambutannya.

Sementara itu Ketua Yayasan Radya Binatama Yogyakarta, Bapak Moch.Hari Purwidiantoro, S.T.M.M.,M.Kom menyampaikan hal senada, bahwa saat era digitalisasi dunia kerja sangat membutuhkan tenaga-tenaga yang mempunyai skill dan  kompeten di bidangnya. Tak terkecuali bidang penyiaran. Mahasiswa juga dituntut untuk kreatif selama menuntut ilmu, agar terbiasa menciptakan kreatifitas karya. Sehingga mempunyai bekal untuk bersaing di dunia kerja baik bergabung di media penyiaran atau wirausaha.

OPIEK tahun 2020 ini terlaksana dengan lancar, dan diikuti secara antusias oleh peserta mahasiswa baru. Acara yang dipersembahkan oleh panitia meliputi Pengenalan Dunia Perguruan Tinggi, Pendidikan Bela Negara, Showing industri media meliputi RRI Stasiun Yogyakarta, RB TV dan MQ Radio, Games, Pengenalan UKM, Sharing Alumni dan Webinar Broadcasting yang diisi oleh Head of Protocol and Public Affairs SCTV-Indosiar-SCM Ibu Irnawati W Kahardja.

Bagikan :
WhatsApp WhatsApp Kami