Akademi Komunikasi Radya Binatama (AKRB) Yogyakarta, menyelenggarakan Wisuda ke XVi Tahun Akademik 2021/2022,pada hari Sabtu, 19 November 2022   di Merapi Merbabu Hotel Yogyakarta.

Prosesi wisuda ini dilaksanakan dalam Sidang Senat Terbuka Akademi Komunikasi Radya Binatama (AKRB) Yogyakarta, dipimpin langsung oleh Direktur AKRB Arif Budiman,S.E.M.M. dan periode ini mewisuda 50 mahasiswa program Diploma-III Penyiaran. Wisuda tahun ini sudah dihadiri orang tua para wisudawan, tetapi karena situasi masih dalam masa pandemi, maka wisuda tahun ini masih dilaksanakan wisuda secara protokol kesehatan.. Selain prosesi wisuda secara langsung, juga ditayangkan melalui youtube dan zoom.

Pada periode wisuda kali ini, Wisudawan Terbaik dan Teladan diraih oleh Ica Ervina A.Md.I.Kom, dengan IPK 3.91 serta  29 wisudawan wisudawati meraih cumlaude.

Kepala Lembaga Layanan DIKTI (LLDIKTI) Wilayah V Prof.drh. Aris Junaidi, Ph.D dalam sambutannya menyampaikan sebagai generasi muda di era revolusi industri 4.0 ini dimana hampir semua aspek kehidupan serba digital dan diautomatisasi, wisudawan harus pandai dan jeli memanfaatkan teknologi digital untuk menangkap peluang usaha baru. Era digital ini tidak akan berdampak jika tidak diimbangi dengan kualitas generasi muda yang unggul. Wisudawan wajib bermimpi dan mempunyai tujuan hidup, selalu bergerak, berani berkorban, meningkatkan kemampuan serta skill, sehingga mimpi itu menjadi kenyataan.

Sementara itu Direktur AKRB Arif Budiman,S.E.M.M dalam sambutannya menyampaikan terimakasih dan memberikan penghargaan setinggi-tingginya  kepada orang tua wisudawan yang telah mempercayakan putra putrinya untuk menempa pendidikan tinggi di Akademi Komunikasi Radya Binatama, para wisudawan yang telah menyelesaikan pendidikan Diploma 3 Penyiaran dengan gelar A.Md.I.Kom, kepada para dosen dan tenaga kependidikan atas kerjasama dan dedikasinya yang telah mendidik  serta melayani mahasiswa hingga wisuda.

Untuk menjadi SDM Unggul dan mampu memenangkan persaingan dapat dilakukan dengan bermodal AKSI yang merupakan singkatan dari : Attitude (sikap atau perilaku), Knowlegde (pengetahuan), Skill (keterampilan) & Insight (wawasan). Apabila para wisudawan terus mengasah, memperbaiki dan meningkatkan modal AKSI ditambah kreatifitas insya Allah selalu akan dapat berkiprah atau berkarya dimanapun. Seperti pepatah jawa “Ngunduh Wohing Pakarti” yang artinya memetik buah akibat perbuatan (terus belajar).

Sementara itu Ketua Pembina Yayasan Radya Binatama Yogyakarta Prof. Dr. M.Suyanto,M.M menyampaikan bahwa era digitalisasi sangat membutuhkan sumber daya unggul dan mempunyai kompetensi tinggi untuk produksi konten-konten digital khususnya.

Penanda tanganan MOU dan MOA juga dilakukan dalam acara wisuda ini, antara lain dengan industri Media TV yai RB TV dan ADi TV.

Acara wisuda berlangsung meriah, penuh kebahagiaan dan keharuan, terutama saat para wisudawan mempersembahkan bunga mawar kepada para orang tua. Dan acara wisuda semakin meriah dengan persembahan lagu dari Paduan Suara SWARA MEDIATAMA AKRB, dengan judul Manusia Kuat Dan Tiba-Tiba.#Humas