WISUDA AKRB MENYIAPKAN LULUSAN SIAP KOMPETISI DI INDUSTRI MEDIA PENYIARAN

Akademi Komunikasi Radya Binatama (AKRB) Yogyakarta, menyelenggarakan Wisuda ke XIV Tahun Akademik 2019/2020,pada hari Kamis, 10 November 2020   di Grand Dafam Rohan Hotel Yogyakarta.

Prosesi wisuda ini dilaksanakan dalam Sidang Senat Terbuka Akademi Komunikasi Radya Binatama (AKRB) Yogyakarta, dipimpin langsung oleh Direktur AKRB Arif Budiman,S.E.M.M. dan periode ini mewisuda 74 mahasiswa program Diploma-III Penyiaran. Karena situasi masih dalam masa Adaptasi Kebiasaan Baru, maka wisuda tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya, dimana proses wisuda hanya dihadiri wisudawan-wisudawati tanpa didampingi orang tua.Selain prosesi wisuda secara langsung, juga ditayangkan melalui youtube dan zoom.

Pada periode wisuda kali ini, Wisudawan Terbaik diraih oleh Nisa Al Qowiyah,A.Md.I.Kom dengan IPK 3,83 dan Arid Juflizal, A.Md.I.Kom sebagai Wisudawan Teladan dan  26  wisudawan wisudawati meraih cumlaude.

Kepala Lembaga Layanan DIKTI (LLDIKTI) Wilayah V, Prof.Dr.Didi Achjari,S.E.,M.Com,Akt dalam sambutan secara rekaman audio visual menyampaikan ucapan selamat kepada para wisudawan dan wisudawati serta orang tua. Saat ini banyak bidang kerja yang bisa diisi oleh lulusan AKRB, antara lain industri media, Berdasarkan hasil survey konsultan riset Nielsen Indoensia, bahwa selama pandemik Covid-19 jumlah pemirsa meningkat rata-rata 12% lebih tinggi dari periode normal, sehingga mendorong para pelaku industri untuk meningkatkan penjualan produk mereka dengan cara menambah spot dan anggaran beriklan baik di media elektronik seperti televisi maupun media digital. Sehingga insan kreatif yang menguasai media elektronik masih banyak diperlukan di negeri ini.

Arif Budiman,S.E.M.M selaku Direktur dalam sambutannya menyampaikan terimakasih dan memberikan penghargaan setinggi-tingginya  kepada orang tua wisudawan yang telah mempercayakan putra putrinya untuk menempa pendidikan tinggi di Akademi Komunikasi Radya Binatama, para wisudawan yang telah menyelesaikan pendidikan Diploma 3 Penyiaran dengan gelar A.Md.I.Kom, kepada para dosen dan tenaga kependidikan atas kerjasama dan dedikasinya yang telah mendidik  serta melayani mahasiswa hingga wisuda.Direktur AKRB juga berpesan kepada para wisudawan bahwa jangan pernah lelah belajar karena dunia terus berubah, sehingga ilmu pengetahuan yang dimiliki masih relevan dengan dunia kerja (Berubah atau Punah). Kehadiran pandemik Covid-19 tahun 2020 , yang berdampak pada pembatasan skala besar, dapat diambil sisi positifnya yaitu mempunyai banyak waktu untuk mengeksplorasi kreativitas.Kreativitas akan muncul sesuai dengan keinginandan aktivitas yang mengarah pada minat dan bakat seperti menulis naskah, membuat konten, editing foto dan video serta aktivitas lain.

Sementara orasi ilmiah disampaikan oleh Prof.Dr.Drs. M Suyanto,M.M, Rektor Universitas AMIKOM Yogyakarta sekaligus Ketua Dewan Pembina Yayasan Radya Binatama Yogyakarta, dengan tema Smart in Getting for The Future yang merupakan rahasia bagi wisudawan bisa menjadi scientis broadcast, professional, entrepreneur atau artis, yang terdiri dari Sikap Mental Positif, Menciptakan Mimpi, Ambil Langkah Untuk Memulai , Rahasia dan Terimalah Kegagalan sebagai bagian dari belajar

Perkembangan broadcast menjadi peluang sekaligus tantangan bagi tenaga kepenyiaran Indonesia. selain bisa bekerja di media penyiaran, alumni AKRB harus siap bersaing serta siap menciptakan lapangan kerja.Dan hal itu sudah dibuktikan para wisudawan, karena terbukti 30% wisudawan sudah bekerja sebelum lulus atau wisuda.Humas AKRB-

Bagikan :
WhatsApp WhatsApp Kami